Kulit Tetap Indah & segar Selama hamil

Keadaaan tubuh wanita yang sedang mengandung, demikian juga kulitnya mungkin bisa tergambar dari penggunaan petunjuk perawatan tubuh terhadap segala perubahan yang terjadi pada tubuhnya.

Pada saat ini, maka seorang wanita biasa akan mengeluarkan banyak usaha agar badan dan kulitnya tetap segar dan bercahaya. Maka, wanita yang sedang hamil sangat membutuhkan ketekunan dan keseriusan yang besar untuk merawat tubuh dan kulitnya.

Sesungguhnya kehamilan adalah proses fisiologis yang ditunjukkan oleh banyaknya perubahan hormon-hormon penting/vital dan mempengaruhi organ-organ tubuh, dan sepanjang dalam batas-batas yang kesetimbangan tubuh, maka itu adalah perubahan yang wajar, akan tetapi jika perubahan hormonal itu untuk melindungi batas-batas yang sudah diketahui, maka wanita itu tergolong sedang sakit.

Dan perbedaan penampilan seorang wanita satu dengan wanita lainnya, dan sering kali bagus/sehatnya kulit adalah karena ia sedang hamil, dan mulai kelihatan bersih dan segar, seperti juga kita lihat rambut dan bertambah lebat dan indah. Semua itu karena bertambahnya jumlah hormon kewanitaan, dan terkadang perubahan hormonal itu menyebabkan ia sakit, diantaranya:

1. Perubahan warna badan dan kulit, dimana sebagian tempat menjadi agak gelap seperti daerah sekeliling mata, dinding dan dada.

2. Munculnya pembuluh darah kecil di daerah-daerah tertentu, seperti wajah, betis, dan dada. Dan ini umum terjadi selama hamil pada bulan-bulan kedua sampai lima dari kehamilan dan akan hilang setelah melahirkan.

3. Kulit di sekitar lengan dan telapak tangan akan kemerah-merahan, dan terkadang bersamaan dengan keluarnya urat-urat. Dan hal ini adalah wajar karena adanya perubahan hormon kewanitaan, dan perubahannya menjadi lebih besar selama hamil.

4. Tumbuhnya ekskresi kulit pada beberapa daerah: betis, dada, dan terkadang juga terasa tipis ketika disentuh, juga terkadang tumbuh kulit yang serupa atau agak tebal sedikit. Dan hal itu tidaklah mengapa sebab akan hilang setelah melahirkan dan mudah dihilangkan bekas-bekasnya.

5. Munculnya garis-garis panjang pada kulit kandungan sebagai hasil dari perkembangan janin dan akan hilang setelah melahirkan. Hal itu biasanya berupa garis memanjang di bawah perut, kedua paha, dan kedua payudara, serta daerah di bawah ketiak.

6. Terkadang pada bulan-bulan terakhir dari kehamilan muncul bintik-bintik gelap pada daerah-daerah yang biasa terlihat, seperti wajah, kedua pipi, dahi, hidung yang disebut flek. Hal ini disebabkan oleh sel-sel warna pada kulit banyak dipengaruhi oleh hormon makanan pituitari, maka ia mengeluarkan sel-sel warna dalam jumlah banyak, dimana sel-sel ini terlebur ketika terkena sinar matahari. Maka sel-sel itu menjadi warna flek gelap. Ada sejumlah hal yang dialami oleh wanita hamil, seperti perasaan meriang/sakit. Akan tetapi hal ini tidak terlalu berbahaya, dan hal itu terjadi karena berputar atau bergeraknya janin di dalam rahim selama beberapa bulan, sehingga organ pendorong menggerakkan rahim tersebut, dimana janin itu belum ada sebelumnya. Perasaan meriang/sakit ini adalah keadaan jelek yang dialami oleh wanita hamil tanpa harus merasa dirinya “jelek”. Perasaan meriang ini akan bertambah pada bulan-bulan terakhir lebih khusus. Dan obat terhadap keadaan ini adalah dikompres dengan air hangat dan lembut. Juga terkadang terkena semacam harvest sejenis pengelupasan kulit secara umum yang terjadi pada masa-masa akhir kehamilannya.

Yang terakhir ini biasannya disertai keluarnya air kekuning-kuningan dan hangat sebagai akibat dari pergerakan beberapa hormon internal dan hormon-hormon indera perasa karena pembagian makanan untuk janin. Akan tetapi secara umum, hal ini akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan.

Maka, wanita yang sedang hamil disarankan untuk menghilangkan atau meminimalisir hal-hal di atas dengan melakukan hal-hal di bawah ini:

1. Sering mengompres dengan air dingin dengan tanpa menggunakan sabun yang mengandung parfum. Sebab kandungan parfum itu berasal dari zat kimia yang menyebabkan kering pada kulit. Dan disarankan untuk selalu menggunakan sabun kedokteran yang tidak mengandung zat kimia. Juga, disarankan untuk melakukan massage pada sekujur tubuh dengan gerakan berputar untuk menguatkan peredaran darah.

2. Jangan terlalu banyak menggunakan alat-alat kosmetika, karena mayoritasnya mengandung parfum kimiawi dan akan merusak indera kulit, bahkan mendorong timbulnya flek kulit, apalagi jika terkena sinar matahari. 3. Hindari diri dari mengenakan pakaian yang terbuat dari bahan sintetik karena akan menyebabkan alergi kulit.

4. Ketika mengalami alergi kulit, gunakan krim pelembut setelah berkonsultasi dengan dokter dan hindari mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang akan menambah alergi ini. Makanan itu adalah seperti strawberi, mangga, pisang, atau coklat.

5. Selektif dalam memilih makanan, dan utamakan makanan yang dikonsumsi adalah yang mengandung vitamin A, dimana vitamin itu yang paling banyak dibutuhkan dan membantu stamina, seperti unsur yang menjaga kestabilan kondisi kulit. Oleh karena vitamin ini menguatkan secara lebih dalam keadaan kulit, sehingga tidak kering. Vitamin ini terkandung di dalam sayur-mayur (dedaunan).

Dan seorang yang hamil harus menjaga kulitnya dengan berbagai protein dan kalsium yang terdapat pada daging dan telur, kacang merah, sayuran, mentega, susu yang terdapat dalam telur, serta vitamin, mineral yang ada di dalam sayur-mayur yang masih segar, dan buah-buahan. Juga, harus benar-benar menjauhi makanan yang pedas dan banyak mengandung rempah-rempah karena hal itu akan menambah alergi terhadap kulit. Dan terakhir kami katakan, janganlah engkau menolak keadaan yang menimpamu (sebagaimana sudah kami terangkan di atas) pada saat hamil ini sebab semuanya itu akan hilang setelah melahirkan.

Akan tetapi, janganlah engkau lupa bahwa tubuhmu adalah laksana bunga yang indah dan menyenangkan dan butuh akan perawatan sehingga bertambahlah kecantikan dan cahayamu. Maka, bila engkau ingin menjaga tubuh dan kulitmu tetap segar dan bercahaya,

cobalah ikuti trik-trik kami di atas.

Sumber: Al-Salaamah Al-Arabiyah


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: