Bagaimana Wanita Hamil Ketika Makan

Bagaimana Wanita Hamil Ketika Makan

Mayoritas keluarga menyepelekan urusan “pencegahan”, dimana awal dari itu semua adalah bermuara dari “gaya makan”. Dan masalah makan yang tidak diperkenankan sifat menyepelekan adalah makanan bagi ibu yang sedang hamil. Ibu-ibu hamil banyak yang merasa cemas, takut ketika menghadapi hidangan makanan, kalau-kalau berefek negatif terhadap perkembangan janin yang dikandungnya. Hal ini tentu bukan sesuatu yang diragukan lagi, atau pun tidak perlu diperdebatkan. Sesungguhnya makanan untuk ibuhamil memiliki urgensi dan sifat-sifat yang khusus baginya saja. Sebab, apa yang ia makan tidak hanya dinikmati olehnya semata, akan tetapi setiap kali ia makan, maka janin yang dikandungnya pun akan ikut memakannya. Maka rela atau pun tidak rela, ia harus memperhatikan janinnya ketika makan, memperhatikan kandungan gizi, nutrisi, walaupun dalam satu sisi bagus bagi dirinya sendiri.

Setiap Makanan Berpengaruh Terhadap Janin

Setiap yang ibu hamil makan, akan berpengaruh terhadap janin. Sebab, setiap makanan yang ia konsumsi akan dilebur dan masuk dalam darah dan terus juga masuk dalam janin (sebagai bagian dari jaringan darah dalam ibu hamil).
Jika makanan yang akan dikonsumsi tersebut kaya akan kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan badan, maka janin juga akan bisa memperoleh zat yang dibutuhkanuntuk perkembangan biologisnya. Sebaliknya, jika makanan tersebut tidak cukup nutrisi, maka sang ibu akan mengalami kelemahan tubuh dan berikutnya akan sakit, dan janinnya pun akanmengalami hal yang sama, lemah dan kemudian sakit. Sebagai catatan, ibu hamil yang senantiasa mengkonsumsi makanan cukup gizi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan janinnya, akan mudah ketika melahirkan, juga kecil kemungkinannya untuk melahirkan prematur.

Sebagian Orang Menyangka: Memperbanyak Jumlah Makanan Sangat Dibutuhkan Dalam Kegiatan Makan

Hal ini adalah kesalahan yang banyak menyebar di masyarakat. Dan hal ini bersumber dari pemahaman yang salah tentang gaya makan. Apalagi terhadap ibu yang sedang hamil, secara umum tidaklah penting apakah ia makan makanan dalam jumlah banyak atau tidak. Bahkan yang penting adalah kandungan gizi dan nutrisi dalam makanan yang ia makan itu sesuatu dengan kebutuhan pertumbuhan badan ketika hamil. Kadungan nutrisi dan gizi, sebagaimana sudah diketahui, terdiri atas: protein, vitamin, zat besi, dan kalsium.

Fungsi Masing-masing Gizi Di Atas

Protein berfungsi membangun tubuh, kalsium fungsinya untuk membangun tulang, zat besi berfungsi penting untuk pembentukan darah, dan vitamin dibutuhkan sel-sel tubuh untuk tubuh bisa bekerja sesuai fungsinya masing-masing.
Adapun makanan lainnya seperti zat tepung, gula dan lemak, maka ini semua tidak dibutuhkanoleh ibu hamil kecuali sekedar untuk bisa beraktivitas semata. Tidak begitu urgen bila tidak mengkonsumsinya, baik bagi dirinya maupun janin. Bahkan yang lebih baik adalah ibu hamil tidak banyak mengkonsumsi 3 jenis makanan di atas agar tidak menambah berat badan janin. Justeru hal ini akan menimbulkan masalah baru.

Apa Menu Yang Baik Bagi Ibu Hamil Setiap Hari

Makanan dan minuman yang baik dikonsumsi ibu hamil setiap hari adalah: susu sebagai menu pembuka sebelum makan. Sebab susu mengandung kaya akan kalsium yang sangat bagus untuk perkembangan tulang janin, juga mengandung protein untuk perkembangan tubuh janin.

Apakah Ibu Hamil Cukup Hanya Mengkonsumsi Tablet, Seperti Tablet Kalsium

Yang paling bagus, seorang ibu hamil selalu mengkonsumsi susu cair, dan bisa saja dengan menambah mengkonsumsi zat serupa, seperti keju atau susu krim. Adapun kalau tablet atau pil kalsium, maka seorang ibu hamil termasuk memperbodoh diri sendiri bila ia hanya menggantungkan diri dengan tablet atau pil-pil itu apa lagi kalau sampai ia mengkonsumsi itu dan meninggalkan makanan atau minuman yang natural; susu dan lain-lain.
Akan tetapi jika susah mendapatkan susu natural, maka bisa dengan menambahkan minum teh atau kakao.

Makanan Selain Susu Yang Baik Bagi Ibu Hamil

Makanan yang bagus dikonsumsi ibu hamil selain susu adalah sayur-mayur, buah-buahan. Kedua sumber makanan ini merupakan sumber berbagai vitamin, zat besi, kalsium. Maka kedua makanan ini agar jangan sampai dilupakan dalammenu makanan setiap hari plus ditambahkan sayur-mayur yang dimakan mentah (lalap), sebagian sayurannya adalah daun-daunan.

Ibu hami bisa memilih berbagai macam buah-buahan untuk dikonsumsi. Akan tetapi yang terbaik adalah berasa manis, seperti jeruk misalnya. Yang terpenting, ia selalu mengkonsumsi kacang-kacangan secukupnya (buncis misalnya), minimal satu butir telur setiap hari (kaya akan zat besi). Adapun daging, maka mengandung protein. Dan kami nasihatkan ibu hamil untuk mengkonsumsi daging putih yang tidak mengandung lemak/gajih. Dan makanan lainnya yang bisa dimakan mentah adalah seperti hati.

Ibu hamil sebaiknya juga mengurangi makanan yang manis sebab perubahan fisiologis pada tubuh yang sedang hamil akan menyebabkan naiknya tensi darah dan pembengkakan kedua kaki serta keracunan. Juga, sebaiknya ibu hamil memperbanyak minum sari buah setiap hari, sebab airnya bisa membersihkan darah dari racun-racun, dan sekaligus membantu badan menstabilkan sistem kerja organ tubuh, paru-paru, dan kelancaran buang air.

Oleh : Prof. Dr. Abdul Basith Muhammad Sayyid
(Ketua Bagian Bio-Kimia pada Pusat Penelitian Nasional Mesir, dan Anggota Komisi Mu’jizat Ilmiah Al-Qur’an dan Al-Sunnah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: